Langsung ke konten utama

Novel: "Selamat Hari Kesehatan Sedunia"

Oleh Novel Sanggem
Aktivis dan Ketua Inaker Lampung

Bandar Lampung | 7 April 2020 merupakan Hari Kesehatan Sedunia, sebuah peringatan disaat diserang wabah yang mengancam kesehatan dan dapat berujung kematian ini Novellia Yulistin Sanggem Ketua LasPRi Lampung mengucapkan terima kasih yang amat luar biasa kepada jajaran medis baik dokter, bidan, perawat dan relawan-relawan kesehatan yang sudah berada digaris depan dalam perannya menghadapi Covid19.

Dan negara dalam hal ini harus memberikan apresiasi yang tinggi bukan hanya sekedar penghargaan, tapi fasilitas baik kebutuhan makanan, vitamin, gizi, tempat tinggal, dan apapun yang bisa membuat stamina dan batin mereka terjaga baik.

Jangankan menginap di hotel bintang lima, bahkan di fasilitasi dengan pendamping yang menyiapkan makan, minum bahkan pakaian bersih mereka pun sudah sepantasnya diberikan.

Selain itu dihari kesehatan sedunia ini, masyarakat dapat mengambil hikmah dalam wabah Covid19 yaitu kita diajak untuk hidup disiplin dalam menjaga kesehatan.

Hidup sehat, dengan mencuci tangan baik sebelum dan sesudah aktivitas,  berjemur di matahari, pulang aktivitas membersihkan badan baru bercengkrama dengan keluarga, serta perduli dg asupan vitamin dan gizi yang terjadi dalam sayur dan buah, menjadikan perilaku hidup sehat yang membudaya.

Semoga wabah corona Covid19 ini membuat kita sadar bahwa sehat itu berharga, oleh karena itu marilah kita budayakan hidup sehat dengan riang gembira tanpa rasa takut dan panik yang berlebihan.

Dan tak lupa Novel Sanggem sapaan aktivis yang juga Ketua Inaker Lampung haturkan hormat setinggi-tingginya kepada para jajaran medis yang telah berpulang dalam menghadapi Covid19. Kalian adalah pahlawan kesehatan.

Selamat Hari Kesehatan Sedunia, semoga kita semua dapat hidup sehat dan dapat melewati ujian hidup dari imbas Covid19. | red

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gunung Anak Krakatau Meletus, Abu Turun dan Belerang Tercium, Warga Siaga

POLIS, Bandar Lampung –  Gunung anak Krakatau meletus, adapun erupsi terjadi pada pukul 21.58 WIB malam, dengan tinggi kolom abu teramati ± 200 m di atas puncak dan ± 357 m di atas permukaan laut. Erupsi ini juga terekam di seismograf situs Magma Kementerian ESDM dengan amplitude maksimum 40 mm dan durasi 72 detik. Pasca kejadian sekitar pukul 13.11 WIB, Warga pulau subesi Lampung Selatan, Bapak Syamsir yang dekat dengan Gunung anak krakatau menceritakan bahwa benar ada suara gemuruh sebanyak dua kali. Meski demikian hingga sambungan telepon itu terhubung pihaknya menyatakan situasi masih aman karena tak ada getaran yang begitu terasa. “Iya tadi sekitar pukul setengan sebelas ada gemuruh keras, trus belum lama ini juga ada terdengar,” ujar pak Syamsir saat dihubungi media, Sabtu (11/04/2020). Tak hanya mendengar suara gemuruh katanya, pasca beberapa waktu letusan aroma belerang juga tercium, sehingga beberapa warga dan aparat desa mulai berkumpul untuk berjaga-jaga. Kami tetap tenang k

Diduga Kuat Kades Pulau Legundi Tilep Dana Desa Hingga Ratusan Juta Rupiah

Pesawaran -  Kepala Desa Pulau Legundi, Kecamatan Punduh Pidada, A. Zulchoidir diduga kuat menggelapkan Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2018-2019 sampai 2020. Dugaan tersebut dilihat dari ada beberapa item kegiatan belanja yang tidak dilakukan alias fiktif, selama 3 tahun berturut-turut, padahal sudah masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Hal itu diperkuat dengan adanya pernyataan dari beberapa Tenaga Kesehatan kepada awak media beberapa waktu yang lalu, untuk menanyakan Dana Desa untuk kesehatan kemana saja. "Memang bapak sudah tanya dana desa buat kesehatan kemana saja? a tau tidak menanyakan ada tidak dana desa itu untuk kesehatan?" kata salah satu Nakes Punduh Pidada yang identitasnya dirahasiakan.  Sementara menurut data yang ada pada redaksi bahwa untuk Anggaran Kesehatan dari DD tahun anggaran 2020 saja nilainya sangat Fantastis yakni Rp.34.200.000,00 Dan ketika media mencoba mengkonfirmasi kepada salah satu Tenaga Kesehatan di P